Perawatan Kulit Dengan Darah Sendiri

Ternyata darah sendiri dapat digunakan untuk perawatan kulit sekarang ini. Mulai dari pengobatan anti aging untuk menyamarkan keriput sampai terapi scar pada jerawat. Kaum awam lebih mengenalnya dengan sebutan “ Facial Darah “ atau “ Vampire Facial” . Terapi menggunakan darah sendiri ini melalui proses yang lumayan cukup panjang sampai akhirnya bisa diaplikasikan di kulit si pasien. Darah yang diambil sebelum digunakan harus melalui proses sentrifugasi terlebih dahulu untuk diambil plasma darah yang kaya akan trombosit, kandungan trombosit inilah yang diambil manfaatnya untuk terapi di kulit pasien. Dalam dunia kedokteran terapi ini dikenal dengan nama PRP ( Platelet Rich Plasma ) .

Apa Itu PRP (Platelets Rich Plasma)?

PRP ( Platelet Rich Plasma ) adalah plasma darah yang diperkaya dengan platelet atau trombosit . Dimana kita tahu trombosit adalah bagian dari darah yang berperan dalam mekanisme pembekuan darah. Selain penting untuk pembekuan darah, trombosit mengandung ratusan protein yang disebut sebagai factor pertumbuhan. Faktor ini lah yang memiliki peranan penting dalam proses penyembuhan luka. Awalnya PRP diaplikasikan pada kasus cedera, sekarang PRP telah diaplikasikan di dunia kecantikan.

Kegunaan PRP Di Dunia Kecantikan

Platelet Rich Plasma yang sekarang hadir di dunia kecantikan bisa menjadi angin segar sebagai pilihan terapi untuk berbagai macam masalah kulit. Lalu masalah apa saja yang bisa diterapi menggunakan PRP ini :

1. Acne Scar
Acne scar adalah bekas jerawat yang merusak tekstur kulit menjadi tidak rata. Penyebabnya adalah peradangan yang besar dan lama dari jerawat yang merusak lapisan dermis kulit sehingga terjadi jaringan fibrotik dan kerusakan kolagen. Menggunakan treatment PRP yang disuntikan langsung di bagian scar dapat merangsang pertumbuhan jaringan sel kulit baru sehingga scar dapat tertutup dan penampakan kulit lebih halus.

2. Garis halus / Keriput 
Kulit mulus bebas kerutan di tunjang oleh adanya serat kolagen . Seiring pertambahan usia, elastisitas kolagen tersebut akan menurun sehingga kulit akan terlihat kendur dan timbul keriput. Penambahan growth factor yang terkandung pada PRP di kulit yang mulai menua, dapat meningkatkan pertumbuhan kulit,meningkatkan elastisitas jaringan kolagen dan memacu proses regenerasi sel-sel kolagen baru dan semua ini pastinya akan memudarkan garis halus / keriput yang  mulai muncul.


3. Photodemage
Photodemage adalah perubahan pada kulit yang terjadi setelah terpapar oleh sinar radiasi jangka panjang. Photodamage akhirnya dapat menyebakan kerusakan 
pada lapisan kulit terutama berkaitan dengan penurunan fungsi kolagen yang berujung dengan tampaknya hiperpigmentasi (bercak-bercak berwarna 
gelap). Platelet Rich Plasma mampu memperbaiki kerusakan kolagen yang diakibatkan oleh aktifitas photodamage ini. 

4. Peremajaan wajah
Peremajaan wajah sangat diperlukan bagi kulit kita. Terutama pada wanita yang hidup di kota-kota besar. Karena penggunaan make up, stressor dan gaya hidup terkadang membuat wajah lebih kusam dan lelah. Dengan perangsangan di daerah epidermis dan dermis dengan menggunakan PRP dapat membuat regenerasi sel-sel kulit dan kolagen lebih baik .  

Banyak manfaat yang bisa PRP (Platelet Rich Plasma ) berikan pada kulit kita. Mulai dari anti aging sampai hanya untuk peremajaan wajah . Treatment PRP dapat memberikan perbaikan yang berlangsung lebih natural  dan tahan lama. Karena PRP menggunakan darah pasien sendiri (autologus donor) sehingga factor alergi dapat ditekan . Meskipun treatment PRP relative aman, yang tetap harus diperhatikan adalah perawatan ini harus dilakukan langsung oleh dokter ahli yang kompeten.

NEXT BLOG ENTRY
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form